Indonesia No.1 Roofing Website

Indonesia No.1 Roofing Website

Apakah Aluminium Foil Dapat Meredam Panas?

"APAKAH ALUMINIUM FOIL DAPAT MEREDAM PANAS??"

Banyak sekali pertanyaan seperti itu kepada saya. Lalu apakah Aluminium Foil dapat meredam panas?

Jawabannya adalah TIDAK. Kenapa tidak? nanti akan saya jelaskan.


"Ada seseorang yang berkonsultasi kepada saya, suhu dalam rumahnya panas, ingin menggunakan Aluminium Foil supaya tidak panas lagi. Dia ingin menggunakan Metalizing Foil Woven dan ditempel diatap asbes menggunakan lem, dan berharap ruangannya tidak panas lagi. Dia bertanya apakah cukup?"

Dari penjelasan dibawah ini saya berharap Anda bisa menjawab pertanyaan tersebut.

Banyak yang berharap dengan memakai sekedar aluminium foil maka rumah mereka, kandang ayam mereka, sarang burung walet mereka, gudang mereka menjadi "ADEM". Ya hanya dengan memakai aluminium foil tipis yg tidak sampai setengah milimeter banyak orang berharap sudah cukup karena sudah memakai aluminum foil (Walaupun dengan harga yang sangat murah)

Aluminium merupakan salah satu material dengan nilai Emissivity yang ter-rendah, yaitu 0,3.
Emissivity adalah kemampuan sebuah material dalam menerima panas. Jadi bahasa sederhananya kalau nilai Emissivity adalah 0,3 artinya sebanyak 3% panas akan diterima / diserap dan 97% tidak diserap (atau bahasa awamnya 97% dipantulkan)

"Jadi Bagus Dong kalau 97% memantulkan panas? Selembar aluminium foil sudah cukup dong?"



Perlu di ingat bahwa panas dari matahari sangat besar dan terus menerus selama sekitar 8 jam atap akan terpapar. Jadi walaupun memantulkan panas sebanyak 97% dapat dipastikan ruangan akan tetap panas, karena sebanyak 3% panas akan masuk terus menerus dalam jumlah yang besar.
Jadi kalau masih ada yang bertanya saya sudah pakai aluminium foil tapi kenapa masih panas? sudah tau jawabannya kan?

Perlu di ingat juga bahwa Aluminium Foil yang dapat memantulkan panas sebanyak 97% adalah Aluminium Foil yang mempunyai kemurnian 99.5% minimal. Jadi semakin rendah kemurniannya semakin tinggi juga emissivity- nya. Bisa 5%, bisa 7% bisa 10%.

Perlu di ketahui juga bahwa jarak antara lapisan aluminium foil dan atap mempengaruhi banyaknya volume panas yang akan masuk kedalam. Idealnya adalah diatas 9cm, tapi pada kenyataannya dilapangan cuma 3-5cm, itupun kalau memakai reng.

Dan nilai Emissivity 3% hanya berlaku pada aluminium foil (murni) bukan "Metalizing Foil". Karena Metalizing Foil memiliki nilai Emissivity yang tinggi sekitar 70% (sangat jauh dengan aluminium foil yaitu 3 - 5%)

Nah jadi kembali lagi ke pertanyaan awal "Apakah Aluminium Foil Dapat Meredam Panas?" 
Setelah penjelasan di atas maka sekarang kita mengetahui bahwa Aluminium Foil TIDAK dapat meredam panas. Aluminium Foil digunakan sebagai "Radiant Barrier" atau dinding pemantul radiasi panas, karena Aluminium Foil mempunyai nilai E (emissivity yang rendah) yang dapat memantulkan radiasi panas dalam persentase yang besar. Namun diperlukan material dengan nilai K (kunduktivitas, Baca: cara perpindahan energi panas) yang rendah sehingga bisa disebut sebuah insulasi. Jika tidak maka Aluminium Foil hanyalah sebuah Radiant Barrier.

Diperlukan sebuah Insulasi Atap bukan sekedar Radiant Barrier untuk mendapatkan hasil yang maksimal .


Jadi jika Anda berharap dengan membeli selembar Metalizing Foil dan dipasang dibawah atap dan terbebas dari panas, sama saja dengan memakai rompi anti peluru berbahan katun, dan berharap peluru tidak menembus katun tersebut.


Baca juga pembahasan kami mengenai:

Atap Yang Tidak Panas

Cara Perpindahan Energi Panas

Tips Memilih Aluminium Foil Peredam Panas Yang Baik

Peredam Panas Atap Terbaik

Harga Aluminium Foil Atap

Previous
Next Post »