CARA PASANG ALUMINIUM FOIL ATAP JIKA ATAP SUDAH TERPASANG

https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEghF4cJVRwoscpezQ2JUVPUzwycbTC-wkjB1ZDavQpFOVa_ZTqISTYRM_1S7jXQhyjAGqScpiIq7GAMiuQt-wIPya1BNfpnaJ7Fi-kUp7SMnfrAF34JdVmT-djZSJjhHf1LIFKMPmS9t6Z40RCi8b9gXUGG0oanHMx_7FPFbYSilQuGZQbUj7RLtXr6=s72-w280-c-h400 click to zoom
Ditambahkan 00.07
Kategori Artikel
Harga BAGAIMANA CARA PASANG ALUMINIUM FOIL ATAP JIKA ATAP SUDAH TERPASANG? Aluminium Foil Atap / Peredam Panas Atap untuk masa sekarang, m...
Share
Hubungi Kami
Beli

Review CARA PASANG ALUMINIUM FOIL ATAP JIKA ATAP SUDAH TERPASANG

BAGAIMANA CARA PASANG ALUMINIUM FOIL ATAP JIKA ATAP SUDAH TERPASANG?

Aluminium Foil Atap / Peredam Panas Atap untuk masa sekarang, mutlak dan harus dipasang dibawah atap, supaya suhu dalam bangunan menjadi nyaman, tapi ada yang sudah terlanjur pasang atap, ada juga yang memang atap lama tapi tidak mau bongkar atap. 

Lalu solusinya bagaimana?

Solusinya.....


1. Pemasangan Aluminium Foil Atap di bawah rangka atap


Pemasangan peredam panas atap dari bawah dilakukan jika memang pemasangan dari atas ataupun bongkar atap tidak dimungkinkan, karena tingkat kesulitan, cuaca, ataupun resiko atap bocor setelah bongkar pasang atap dilakukan.

Contoh Pemasangan Aluminium Foil Atap di bawah rangka atap pada konstruksi baja dengan atap jenis galvalum / spandek


Insulasi atap di pasang dari bawah atap bersilangan dengan rangka atapnya. Dijepi platstrip galvalum lalu di skrup ke rangka bajanya.

Pada cara ini diperlukan alat bantu seperti scaffolding, dan dipastikan lokasi dibawah tidak ada barang / tidak banyak barang sehingga scaffolding mudah digeser.

Pertanyaannya, apakah kinerja Aluminium Foil Atap akan berfungsi maksimal jika dipasang seperti ini?

dengan dipasangnya Aluminium Foil Atap pada bagian bawah rangka atap, maka ruang udara yang didapat antara lapisan aluminium foil dengan atap akan semakin besar, sirkulasi udarapun lebih besar, sehingga fungsi aluminium foil atap akan lebih maksimal dibanding jika dipasang diatas rangka atap atau bersentuhan langsung dengan atap.

Namun pemasangan seperti ini menghabiskan waktu lebih lama, dengan tingkat kesulitan yang lebih tinggi dan juga terlihat kurang rapi jika dibandingkan dengan pemasangan diatas rangka atap.


Contoh Pemasangan Aluminium Foil Atap di bawah rangka atap bangunan Rumah / Residential

a. Rangka Kayu

 
Aluminium Foil Atap dipasang dibawah rangka kayu, melintang kuda-kuda rangka atap, lalu di paku ke kuda-kuda rangka atap tersebut.


b. Rangka Baja Ringan

Pada rangka baja ringan pemasangan lebih sulit karena banyak web / jaring-jaring support baja ringannya.

Pemasangan bisa melintang kuda-kuda, atau melintang reng. Pada gambar ini pemasangan melintang reng atap. Dipotong selebar jarak kuda-kuda atap, lalu pada bagian samping Aluminium Foil Atap ditekuk dan di jepit platstrip, lalu di skrup.















2. Pemasangan Aluminium Foil Atap sebagai plafon

Jika pemasangan Aluminium Foil Atap dibawah rangka atap dirasa sulit, alternatif lainnya adalah Aluminium Foil Atap dipasang diatas plafon ataupun sebagai plafon. Dengan cara seperti digambar dibawah ini:





3. Pemasangan Aluminium Foil Atap Pada Permukaan 

Hal yang sulit dilakukan dengan metode-metode diatas adalah jika plafon atap sudah terpasang, ataupun tidak ada pijakan untuk instalasi, oleh karena itu metode terakhir yang bisa dilakukan adalah pemasangan pada permukaan atau insulasi atap ditempel langsung pada bagian sumber panas, seperti plafon ataupun dinding.



Aluminium Foil Atap dipasang menggunakan paku, skrup, straples ataupun lem pada permukaan yang ingin dilapisi. Atau yang paling mudah bisa menggunakan produk Enerlife Adhesive P-5A1G atau P-10A1G karena sudah memiliki sisi adhesive, jadi tinggal di tempel saja

Pada metode ini ada beberapa penting yang harus diperhatikan:
1. Ruangan sebaiknya menggunakan AC (Air Conditioner) atau dengan ventilasi yang cukup banyak, karena jika ruangan tertutup tanpa ventilasi atau AC, panas yg didalam akan terjebak dan ruangan akan semakin panas.
2. Sebaiknya menggunakan insulasi padat seperti XPE atau IXPE Foam, jangan menggunakan jenis bubble foil ataupun tipe yang hanya Foil tipis saja. Kenapa? Karena menempel langsung dan sudah tidak ada lapisan reflektor lagi, sehingga yang harus dimaksimalkan adalah penghambatan energi kalor melalui konduksi. Pada bubble foil terjadi perambatan energi kalor secara radiasi, tetapi itu tidak terjadi pada XPE / IXPE Foam, sehingga hasilnya kan jauh lebih baik menggunakan XPE atau IXPE Foam


Jika ada yang mau ditanyakan mengenai produk ENERLIFE INSULATION silahkan menghubungi kami di 0812 777 8529. Atau dengan mengklik logo WA Chat pada pojok bawah





Komentar